Hmmm pendidikan ya…

Kalo kata Ki Hajar Dewantara sih katanya pendidikan itu biar manusia selaras dengan lingkungannya..
apa iya?

oh jelaslah,,kan di sekolah kita ada pelajaran biologi yang belajar tentang makhluk hidup
Trus kita juga diajarin fisika, jadi kita tau sama fenomena – fenomena alam
Bahkan kalo di ITB ada pelajaran pengenalan lingkungannya lhoo..

Kalo gitu kenapa ya lingkungan sekarang ko makin ga nyaman?

sungai – sungai sekarang ga ada yang jernih
Sampah – sampah makin menggunung di berbagai tempat
Dimana – mana ada aja berita banjir

Kalo gitu salahnya dimana ya?
apakah salahnya si hutan ko pake ngilang segala?
Ato salah si binatang2 itu yang saling membunuh ampe punah gitu?
Oh ato salah nya Mas Ki Hajar Dewantara yang bikin tujuan pendidikan ko muluk2 amat?

Ah saya tidak tahulah siapa yang salah
Mungkin saya yang salah
Yang karena malas berjalan, akhirnya saya memakai motor yang asapnya mencemari udara
Yang hobinya bikin sampah tapi gamau sekadar memilah sampah biar gampang di-daur ulang
Yang gamau beli tas “anti plastic bag”, akhirnya tiap belanja pake kantong plastik
Yang kadang – kadang masih khilaf beli makanan yang bungkusnya pake Styrofoam

Duh kapan ya saya bisa selaras ama lingkungan,,,hehe maaf ya Mas Ki Hajar

Ah malu saya ama pohon – pohon,,mereka bahkan jalan aja gabisa, tapi tiap hari bisa bikin oksigen yang sangat dibutuhkan sama makhluk – makhluk lain

Apalagi ama lebah,,badan sekecil itu aja bisa bikin madu yang gizinya tinggi

Tapi da gimana lagi atuh…

Yaudahlah sebelum Ki Hajar Dewantara bangun lagi dari kubur buat merevisi tujuan pendidikan
Sebelum bumi makin marah, trus pundung gamau menumbuhkan pohon – pohon lagi

Iya iya deh dikit – dikit saya mencoba lebih bermanfaat deh..

Setidaknya, kalo saya ga bisa memberikan manfaat buat lingkungan saya
Setidaknya saya tidak akan merugikan orang lain dan sebisa mungkin juga lingkungan
Insya Allah…

Nb: kata “saya” disini silahkan dibaca sebagai nama anda untuk lebih mendalami isi cerita🙂