Archive for June, 2010

pengakuan saudara gilang


ini kisah nyata terjadi sekitar 10 menit yang lalu

media yang dipakai : facebook

gilang : blablablablabla

agung : blablablablabla

gilang : blablablablabla

(pembicaraan di atas ga penting,,cuma biar post ini agak panjang aja hehehe,…oke kita masuk ke intinya)

agung : iya mang kayanya dia lagi marah ama si anu

gilang : ah gatau saya,,saya mah TEU TERANG

—————————————————————–

oooops…kamu yang bilang ya mang :p

bisa masuk surga ga ya?


hmmm ide tulisan ini kembali datang dari saya yang tiba – tiba suka mikir aneh2 hehehehe..

jadi gini..kepikiran tiba2…

“wah bisa masuk surga ga  ya ini…tiap hari brapa banyak dosa nih yang saya perbuat”

yah kenapa saya bisa mikir gitu…gini lah 1 contoh, klo g salah di Al-Qur’an itu disebutkan kalo kita ga boleh liat aurat wanita,,dosa,,nah sekarang sehari2 aja nih,,brapa kali sih kita liat aurat (ingat aurat itu bukan cuma kemaluan ya). Tiap kita membuka mata,pasti terlihat kan rambut wanita. Nah saya jadi mikir,,gila dari ngliat rambut wanita aja udah brapa banyak dosa yang saya buat. itu baru dari 1 kasus lho….

jadi dosa disini bukan karena dari pribadi saya yang dosa (dari pribadi ini pun dosa saya udah banyak) tapi karena lingkungan juga yang membantu saya membuat dosa…

(mulai ber-“oh iya ya” ga temen2?)

saya bingung akan hal ini,,sampai teman saya memberi saya buku “Muhammad”. ya biografi tentang Nabi Muhammad SAW.

disitu ada 1 perkataan Nabi Muhammad SAW yang mungkin menjawab hal ini…Beliau mengatakan hal ini kepada salah seorang Sahabat

“Kita sekarang sedang berada pada masa dimana jika kita melalaikan 1/3 dari keseluruhan Hukum Allah, maka Kita akan celaka. Tapi akan tiba masa dimana ketika seseorang menjalankan 1/3 saja Hukum Allah, maka dia akan selamat”

oke oke saya pun belum tahu apakah sekarang ini jaman yang Beliau maksudkan. Apalagi klo misalnya ditanya 1/3 Hukum Allah itu batasannya apa…

yah setidaknya itu sedikit melegakan saya,,sehingga saya tidak merasa sia – sia jika berharap Surga Allah..dan masalah 1/3 itu seberapa banyak. Yah pkonya kalau kita tahu tentang aturan yang ditetapkan dalam Al-Qur’an dan Hadits, sebisa mungkin ayo kita lakukan,,jika memang sudah benar – benar tidak bisa ya kita mohon petunjuk dan ampunan kepada Allah SWT.

Pokoknya klau masih bisa kita lakukan,,usaha keras kita lakukan,,jangan sampai lah kita mikir gini “iya gw tau itu salah,,tapi ya gimana lagi” (sekali lagi untuk hal – hal yang masih bisa kita usahakan ya ehhehe).

dan 1 lagi, saling mengingatkan 🙂 tolong bgt tegur saya ketika saya salah hehee..

ingat dengan terjemahan peribahasa “kuman di seberang pulau nampak, gajah di pelupuk mata tak nampak” versi saya

(buat yang belum tahu,,silahkan baca di blog ini juga tulisan berjudul “peribahasa”)

oh terakhir,,seperti biasa saya menunggu komen ttg tulisan ini,,,siapa tau temen2 ada yang punya jawaban yang lebih oke tentang pertanyaan saya di atas ini hehehehe..terima kasih

pemimpin kejahatan


hmmm sempet baca buku sebelum saya berangkat KP…

ada yang menarik,,buku ini bercerita ttg dajjal yang dibawa ke tempat dia di akhirat (yang mana menurut buku ini adalah di neraka jahanam)…disini dajjal bertemu dengan iblis yang sudah menunggu2 dari tadi..

(maaf kata – katanya g persis bgt soalnya buku saya ketinggalan,,tapi intinya sama ko)

iblis : akhirnya anda datang juga wahai pemimpin kejahatan

dajjal : apaan! bukannya kamu si pemimpin kejahatan!!

iblis : wuah jaman berkembang bos…setan sekarang udah ga ada apa2nya kalo dibanding manusia…contohnya nih ya pernah ada seorang setan sampai membentur2kan kepalanya ke tembok gr2 dia merasa malu sama manusia. Ceritanya ada orang yang korupsi uang perusahaan,,setan ini lalu membisikkan untuk menimbun uang untuk sementara waktu sampai waktu aman baru digali lagi. Manusia itu hanya tertawa dan dengan cerdasnya dia transfer uang itu ke rekening yayasan dia sebagai dana bantuan..

Iblis : ya manusia telah menjelma menjadi pemimpin kejahatan yang baru, dan anda adalah pemimpin manusia

manusia jahat.

———————————————————————————————————————————————–

hmmm mungkin teman2 bertanya2 pas saya kasih contoh yang “transfer ke yayasan” itu,,mulai dari “loh apa ga ketauan ya itu mah” sampe yang “trus itu emg prusahaan nya g curiga uang ke yayasan itu buat apa”

yah sebenernya saya juga agak ga ngerti sama contoh ini,,tp ini cnth yang diberikan penulis..inti dari percakapan di atas adalah bahkan setan pun merasa malu sama manusia dalam hal berbuat kejahatan,,mereka merasa cara mereka sudah ketinggalan jaman, manusia dengan segala kemajuan pikiran dan teknologinya telah menciptakan bentuk – bentuk kejahatan yang tidak pernah terpikirkan oleh setan sebelumnya…

hmmm gatau lah ya ini benar atau salah (toh kita gbs baca pikirannya setan), tapi ini membuat saya berpikir…apakah benar sekarang ini setiap kejahatan yang kita lakukan adalah hasil hasutan setan? ataukah memang benar pendapat di atas bahwa manusia berbuat jahat adalah karena buah pemikirannya sendiri.

berita dari medan membuat saya teringat kembali tentang hal ini.

Seorang anak kecil diminta ibunya untuk menagih hutang kepada pemilik salon yang menjadi tetangganya.

Setelah beberapa lama anaknya tidak pulang2,,ibunya khawatir dan memutuskan untuk menyusul anaknya.

Alangkah terkejutnya sang ibu ketika melihat anaknya sudah tergantung di pagar salon tersebut (bajunya disangkutin ke pagernya,,jadi kaya jemuran tapi bajunya masih dipake si anak).

Yang mengenaskan..keadaan si anak dalam keadaan tidak bernyawa dengan bersimbah darah dimana2,,

Berita itu menjelaskan bahwa sang anak disodomi oleh 2 orang pemilik salon (2 orang ini katanya banci,,jadi aja maen sodomi) lalu dibunuh dan digantung di pagar…

Apakah 2 orang ini melakukan itu karena hasutan setan? atau karena emosi karena ditagih utang dan ada mangsa empuk sehingga logika mereka mengarah kepada hal tersebut?

yah silahkan nilai sendiri…benar atau salah berita ini tidak bisa saya jamin,,saya hanya berbagi pandangan si penulis buku ini…tapi benar atau salah,,ingat setiap kita akan berbuat sesuatu, ada malaikat di kanan kiri kita yang Insya Allah siap mencatat dan melaporkan ke Yang Di Atas..yah sama2 saling mengingatkan lah ya,,tolong selalu ingatkan saya juga,,saya juga pengen masuk surga 🙂

ciri khas


hmmm kalo lagi nonton bola (world cup kalo skrg mah) dan sedikit2 menilai dan mengira2,,kayaknya setiap negara itu punya sesuatu yang menonjol ya yang membuat  mereka sukses (setidaknya lolos world cup)

negara – negara amerika selatan : yang menonjol dari mereka adalah skill individu tiap pemain yang di atas rata – rata. lihat saja “goyangan” robinho dan “liukan” messi.

negara – negara afrika : kalo ini kayanya semua sepakat kalo negara – negara afrika itu memiliki fisik dan power yang memukau. lihat saja eto’o atau drogba.

negara – negara eropa : hmmm nah yang ini nih kayanya yang agak maksa,,gimana ya bilangnya…negara eropa itu kekolektifan mereka saya rasa di atas rata – rata,,itu bisa diartikan taktik bermain mereka mungkin di atas tim – tim lain..

negara – negara asia : nah kalo yang ini kayanya semangat bermain mereka di atas rata  – rata..lihat aja kalo park ji sung main,,kayanya dia ga akan berhenti ngejar bola ampe peluit wasit terdengar,,dan semangat juga lah yang membuat korea bisa ngalahin yunani, dan jepang yang ngalahin kamerun.

hmmmm kalo diliat dari tulisan di atas, Indonesia kalo mau sukses dan lolos piala dunia,,,kayanya semangatnya dlu deh yang harus dipompa (jangan tanya ya beda tekan pompa ini berapa)

ingatkan lagi kepada mereka bagaimana bangganya memakai kostum berlambang garuda di dadanya…ga semua orang punya kesempatan untuk itu,, banyak yang ingin mendapat kesempatan itu (termasuk saya hehehe)…

masih ingat kan ketika piala asia yang di Indonesia itu,,ketika itu terlihat pemain Indonesia sangat bersemangat ketika bertanding,,hasilnya? Bahrain takluk 2-1..Arab saudi dan korea selatan sang macan sepakbola asia pun harus susah payah mengalahkan kita…itu bukti lho

hmmmm kayanya bukan cuma di sepakbola aja ya ini berlaku…buktikan yuk…kita mahasiswa harus semangat nih ngerjain TA nya, kerja prakteknya, penelitiannya, rancang pabriknya, ujian komprehensifnya,,, siapa tahu sukses juga..

nah tar klo udah dicoba dan membuahkan hasil,,lapor ya ehehhe…

maaf ya kalo tulisan di atas terkesan tidak berdasar,,dan kalo ada kesan “ah ya semua tim kalo semangat juga pasti menang” itu bener sih,,,ya cuma kadang2 suka terpikir aja,,ciri khas tiap negara tuh apa ya kalo maen bola,,hehehe peace…

menjemput masa depan (mohon tanggapannya dari yang udah expert :) )


hmmmm baru2 ini temen seangkatan saya ada yang nikah..sebelumnya pun sudah ada beberapa teman seangkatan saya yang menikah…

terlalu cepat? jelas saya terkaget – kaget ketika mendengar kabar itu…di saat saya masih lebih sering berkutat dengan football manager dan berusaha keras mencapai IPK 3, eh mereka dengan hebatnya sudah siap berkutat dengan urusan rumah tangga dan berusaha keras membangun keluarga yang sakinah mawaddah dan warahmah (salut untuk kalian)..

hmmm tapi sebenarnya yang membuat saya lebih terheran – heran adalah…ko mereka udah yakin ya itu jodoh mereka dan siap “mengambil jodoh mereka dari tangan Tuhan”…

apa sih ya jodoh itu,,kesannya abstrak gitu ya,,kalo dibahasakan dengan bahasa yang lebih kebayang gimana ya..

hmmm kalo saya sendiri berpikirnya jodoh itu asal memenuhi 4 syarat :

1. saya suka dia

2. dia suka saya

3. orang tua dia suka saya

4. orang tua saya suka dia

sederhana sih,,,terkesan klise dan sangat umum malah…

tapi ya itu sih yang bisa saya bayangkan…

hmmm cukup jelas lah ya,,tapi suka disini maksudnya suka dan siap klo si calon kita jadi istri/suami kita ya…

ya jelas lebih banyak pertimbangan lah ya agar kata “suka” di atas bener – bener keluar…heehhe…pertimbangannya diserahkan ke pribadi masing – masing,,kan kriteria tiap orang beda ehhee…

lah trus..itu yang cerai gimana? kan waktu mau nikah mah dua2nya pasti saling suka,,ortu juga pasti setuju lah makanya bisa nikah..

hmmm pertanyaan yang sulit…saya gatau jawabannya malah…tapi kalo boleh sok tahu mah,,mungkin itu bisa diminimalisir dari kriteria “suka” tadi itu..

saya pernah baca di Al-Qur’an kalo laki2 itu bisa suka sama wanita karena 4 alasan : (eh kalo salah koreksi ya,,agak2 lupa euy maaf)

1. kecantikannya

2. kebaikannya

3. kekayaannya

4. agamanya

dan yang akan diridhoi oleh Allah hanya alasan yang ke-4…

nahhhh jadi biar meminimalisir itu,,agama dulu yang diliat,,yang lainnya jadi bonus lah ya hehehheeh….

hahha gatau nih ya bener apa engga,,cuma pendapat aja,,,maaf juga emang teoritis tulisan ini,,kan saya belom nikah hehehehe…

Jodoh itu di tangan Tuhan

tapi kalo ga kita ambil ya tetep akan di tangan Tuhan terus

tapi kalo kita udah yakin mau ngambil itu dari tangan Tuhan kita harus siap dan bener – bener bertanggungjawab yaa…

inget itu dari Tuhan lo kita ambil,,masa mau main2 🙂

Sumatra connection


kejadian terjadi di perpustakaan-PE pertamina plaju

mbak eva (penjaga perpus PE yang baik hati) : nih kenalin anak2 PKL dari ITB

temennya mbak eva : wah dari mana asalnya?

dissa : saya dari medan bu

mbak eva : iya batak cantik tuh dia

(percayalah kawan,,saya pun berat menuliskan kata2 mbak eva barusan)

saya si korban : kalo saya orang…

(mbak eva dengan cepat memotong)

mbak eva si tersangka : orang ambon kalo dia hahahahaha

————————————————————————————–

sumpah ini mah sumatra connection antara dissa dan mbak eva…. huh!!

Indonesia VS Jepang


iseng, pernah saya bertanya ke seorang dosen yang baru pulang dari Jepang :

Pak, sebenernya apa ya yang membedakan Indonesia dan Jepang,, ko Jepang bisa maju gitu?

langsung hasil aja ya,,(prosesnya kan urusan saya aja sebagai anak tekim ahahahha),,intinya beliau menggarisbawahi 2 hal :

1. Sistem pendidikan,, Jepang itu fokus mendidik anak – anak nya budi pekerti terlebih dahulu, mereka fokus disana, makanya orang Jepang itu sopan – sopan, hormat ama yang tua, dan masih memegang adat budaya. Jadi ketika mereka udah besar mereka tau gimana caranya bersikap. Lagian disana itu pendidikan emang jadi prioritas lah, kalo di Indonesia ada sih yang berpendidikan tinggi ampe sarjana gitu, tapi brapa persen sih,, paling sekitar 1 % dari penduduk total.

hmmmmm,,iya ya, dulu tuh waktu kita kecil perasaan udah harus menghapal rumus ini itu,,jadi fokusnya ke arah pelajarannya bukan budi pekertinya,, bahkan katanya sekarang dari sd itu udah ada fisika, kimia dll..(dulu jaman saya kalo ga salah udah digabung ama yang namanya IPA) buset lah ya…hmmm tapi gatau ya,,silahkan protes kalo misalnya pas sd nya ga kaya gitu,,ehehe maaf disini saya menggeneralisir

2. Indonesia itu terdiri dari pulau – pulau yang menyebabkan adanya budaya – budaya dan suku – suku yang sangat beragam, kalo di Jepang itu memang ada juga keberagaman budaya, tapi tidak terlalu beragam seperti di Indonesia. Susah memang kalo terlalu beragam, apalagi orang Indonesia sendiri banyak yang fanatisme kesukuannya sangat besar, merasa sukunya paling bagus, jadi aja suka ada kesan ga suka kalo dipimpin oleh suku lain, walaupun orang tersebut memang bagus dalam memimpin…

hmmmm saya yakin, si bapak dosen ini bukannya ga tau makna dari Bhinneka Tunggal Ika..tapi ko dia bisa ngmg gitu ya? ah tapi bukannya iya ya, kadang – kadang itu cuma sekadar simbol. Iya sih di keadaan sehari – hari di dunia perkuliahan dari manapun asal kita oke – oke aja ko ga masalah. Tapi coba kita lihat di dunia luar sana, sering banget lah perang antar suku, yang alesannya karena persaingan supporter sepakbola lah, jangankan antar suku, antar kampung aja suka berantem cuma karena ada anak kampung sebelah yang nyenggol anak kampung sebelahnya…

kayanya di Indonesia ini yang berkembang bukan nasionalisme ya, tapi regionalisme…yah paling – paling nasionalisme itu berkembang pas ada tanding bola ato tanding bulutangkis gitu hehehhe….

maaf buat semua yang ga setuju sok mangga kasih info saya kalo ada tulisan di atas yang salah…hehehe…

buat penutup saya mau sharing lagu yang bagus liriknya…lagu iwan fals judulnya “bangunlah putra putri pertiwi”,,gatau sih kenapa ama lagu ini,,coba dibaca aja liriknya:

Sinar matamu tajam namun ragu

Kokoh sayapmu semua tahu

Tegap tubuhmu takkan tergoyahkan

Kuat jarimu kalau mencengkeram

Bermacam suku yang berbeda

Bersatu dalam cengkeramanmu

Angin genit mengelus merah putihku

Yang berkibar sedikit malu-malu

Merah membara tertanam wibawa

Putihmu suci penuh kharisma

Pulau pulau yang berpencar

Bersatu dalam kibarmu

Terbanglah garudaku

Singkirkan kutu-kutu di sayapmu oh…..

Berkibarlah benderaku

Singkirkan benalu di tiangmu

Jangan ragu dan jangan malu

Tunjukkan pada dunia

Bahwa sebenarnya kita mampu

Mentari pagi sudah membumbung tinggi

Bangunlah putra putri ibu pertiwi

Mari mandi dan gosok gigi

Setelah itu kita berjanji

Tadi pagi esok hari atau lusa nanti

Garuda bukan burung perkutut

Sang saka bukan sandang pembalut

Dan coba kau dengarkan

Pancasila itu bukanlah rumus kode buntut

Yang hanya berisikan harapan

Yang hanya berisikan khayalan

Apakah nasionalisme itu masih ada di diri kita? atau kita harus menunggu dulu burung garuda kita menjadi burung perkutut baru kita sadar bahwa negara kita ini dulunya hebat

Atau ketika sang saka ini, yang dahulu susah payah dikibarkan oleh para pahlawan di bumi pertiwi ini, mulai koyak dan lebih pantas dijadikan sandang pembalut?

Bangunlah Putra Putri Ibu Pertiwi!

%d bloggers like this: