hmmm kalo lagi nonton bola (world cup kalo skrg mah) dan sedikit2 menilai dan mengira2,,kayaknya setiap negara itu punya sesuatu yang menonjol ya yang membuat  mereka sukses (setidaknya lolos world cup)

negara – negara amerika selatan : yang menonjol dari mereka adalah skill individu tiap pemain yang di atas rata – rata. lihat saja “goyangan” robinho dan “liukan” messi.

negara – negara afrika : kalo ini kayanya semua sepakat kalo negara – negara afrika itu memiliki fisik dan power yang memukau. lihat saja eto’o atau drogba.

negara – negara eropa : hmmm nah yang ini nih kayanya yang agak maksa,,gimana ya bilangnya…negara eropa itu kekolektifan mereka saya rasa di atas rata – rata,,itu bisa diartikan taktik bermain mereka mungkin di atas tim – tim lain..

negara – negara asia : nah kalo yang ini kayanya semangat bermain mereka di atas rata  – rata..lihat aja kalo park ji sung main,,kayanya dia ga akan berhenti ngejar bola ampe peluit wasit terdengar,,dan semangat juga lah yang membuat korea bisa ngalahin yunani, dan jepang yang ngalahin kamerun.

hmmmm kalo diliat dari tulisan di atas, Indonesia kalo mau sukses dan lolos piala dunia,,,kayanya semangatnya dlu deh yang harus dipompa (jangan tanya ya beda tekan pompa ini berapa)

ingatkan lagi kepada mereka bagaimana bangganya memakai kostum berlambang garuda di dadanya…ga semua orang punya kesempatan untuk itu,, banyak yang ingin mendapat kesempatan itu (termasuk saya hehehe)…

masih ingat kan ketika piala asia yang di Indonesia itu,,ketika itu terlihat pemain Indonesia sangat bersemangat ketika bertanding,,hasilnya? Bahrain takluk 2-1..Arab saudi dan korea selatan sang macan sepakbola asia pun harus susah payah mengalahkan kita…itu bukti lho

hmmmm kayanya bukan cuma di sepakbola aja ya ini berlaku…buktikan yuk…kita mahasiswa harus semangat nih ngerjain TA nya, kerja prakteknya, penelitiannya, rancang pabriknya, ujian komprehensifnya,,, siapa tahu sukses juga..

nah tar klo udah dicoba dan membuahkan hasil,,lapor ya ehehhe…

maaf ya kalo tulisan di atas terkesan tidak berdasar,,dan kalo ada kesan “ah ya semua tim kalo semangat juga pasti menang” itu bener sih,,,ya cuma kadang2 suka terpikir aja,,ciri khas tiap negara tuh apa ya kalo maen bola,,hehehe peace…