semenjak kuliah di ITB, (cuma) ada beberapa pelajaran yang bikin saya semangat,,salah satunya adalah Agama Islam. Jangan berbaik sangka dulu tapi,,awalnya saya suka pelajaran ini bukan karena pelajarannya kok,,tapi karena dosennya yang sangat kontroversial…ini salah satunya yang (paling) kontroversial

bapak guru : jadi di Islam itu sebenernya cuma ada 3 makanan yang tidak dibolehkan. Babi, darah, dan bangkai. Begitu yang tertulis di Al-Qur’an.

murid : loh pak klo misalnya hewan bertaring gimana Pak? pernah saya baca hadist yang bilang gitu pak,,mungkin sari sisi logisnya kan hewan bertaring itu makan bangkai,,nah itu bisa jadi sumber penyakit pak.

bapak guru : memang ada yang seperti itu,,namun isi dari hadist itu tidak membuat makanan – makanan tersebut (hewan bertaring -red) menjadi haram. Karena jelas – jelas di Al-Qur’an hanya 3 makanan itu yang diharamkan.

bapak guru : kalian mau makan kucing, sok aja kalo kalian mau. Mau makan anjing? sok aja kalo kalian mau…emang mau gitu makan kucing?

murid : (bener juga)

bapak guru : sekarang gini deh, kenapa coba babi itu haram?

murid : kan di babi itu ada cacing pita gitu pak

bapak guru : sekarang misalnya kecanggihan medis bisa menghilangkan cacing2 itu,,kalian mau makan babi ga?

murid: (hmmmmmm)

bapak guru : kalo mnurut saya,,babi itu haram karena saking enaknya!

——————————————————————————————————————————————

Bapak guru itu bisa mengatakan kalimat terakhir di atas karena dia pernah secara tidak sengaja makan babi. Dia meminta pembantu barunya membelikan bakso. Setelah dia memakan bakso itu, dia merasa baksonya leboh enak dari bakso biasanya. Ketika ditanya beli bakso dimana, pembantunya menunjukkan tempat yang ternyata memakai daging babi.