Archive for September, 2010

terinspirasi nagabonar jadi 2


tulisan ini terilhami setelah nonton nagabonar jadi 2 untuk yang ke sekian kalinya dan tetap saya katakan film itu luar biasa…

dan pertanyaan pertama pun timbul…itu bonaga nya anak tekim ya? soalnya di film itu kan dia juga bangun pabrik gitu.

ya bener ato salahnya asumsikan sendiri aja lah ya. Hal yang menarik berikutnya adalah…

kan di film itu si bonaga-nya itu gajadi bikin resort gara2 terkendala oleh urusan keluarga. Nahhhhh berati benar apa kata Pak Miki pas pelajaran manajemen proyek. Masalah bikin pabrik itu bukan cuma masalah dari mana asalnya bahan baku, keuntungannya berapa, proses mana yang dipakai, produknya tar dipasarkan dimana. Tapi juga kita akan terbentur oleh masalah sosial.

Ya seperti yang dihadapi bonaga. Investor udah ada, lahan ada, design udah ada, semuanya udah siap. Tapi ada 1 kendala, di lahan itu ada makam dari neneknya, ibunya, paman nya, dan calon makam bapaknya. Dan akhirnya gajadi lah itu proyek. Padahal 2 triliun katanya lho.

hal yang bisa dipetik ya brati kita jangan cuma mengandalkan ilmu kuliah ya kalo gitu. trus kalo gitu bener banget kata orang2 kalo pas kuliah itu jangan cuma belajar buat pelajaran sekolah aja, tapi belajar juga buat pelajaran hidup. hahaha. Mulai berlatih bagaimana bersosialisasi, bagaimana belajar bernegoisasi dengan orang lain (kalo orang – orang mungkin bilangnya berpolitik). bernegoisasi nya pake cara – cara yang halal ya tentunya. trus belajar juga membaca keinginan orang lain, belajar me-manage orang lain, dan lain – lain lah. Pkoknya apa yang orang – orang bilang softskill.

Kalo di nagabonar jadi 2 itu masalahnya cuma dengan keluarga sendiri lho. Kalo kita mungkin nanti urusan nya sama pembebasan lahan yang menyangkut kepentingan orang banyak. trus masalah preman di daerah yang mau kita bangun, trus apa lagi ya, dll lah masalahnya pokoknya yang berhubungan dengan interaksi kita ama orang lain.

Nah, makanya sebelum telat (kita lulus-red) yuk pelajari juga ilmu hidup ahahaha.

LRPTN XII


Mau promosi acara besarnya HIMATEK nih buat para pembaca…

pertama – tama harus tau dulu ya LRPTN XII itu apa…

LRPTN itu singkatan dari Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional. Taun ini udah berusia 12 tahun.

Trus LRPTN itu apa?

udah jelas sih ya dari namanya klo disini tuh para calon – calon sarjana Teknik Kimia se-Indonesia bersaing ide dalam hal merancang pabrik. Disini para calon sarjana itu mikirin mulai dari bkin pabrik apa, bahan bakunya dari mana, kira – kira pabriknya untungnya gede ato ga, pangsa pasarnya kira – kira kemana, proses di pabriknya gimana, dll lah pkonya.

Nah untuk tahun ini, tema yang diusung adalah PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN DAN ENERGI NASIONAL

udah keliatan lah dari namanya,,,isu besarnya adalah masalah energi dan pangan,,dan bahan bakunya haruslah berasal dari sumber daya alam yang ada di Indonesia. Udah pada tau lah ya kalo Indonesia itu kaya akan sumber daya alamnya. Sumber daya yang ada di daratannya itu katanya no.2 di dunia setelah brasil,,bahkan klo kriterianya ditambah jadi sumber daya darat+laut, ga ada satupun negara di dunia ini yang menandingi Indonesia. Nah, makanya klo bukan kita yang berusaha memanfaatkan ya siapa lagi coba.

Untuk teknis lombanya sendiri, akan ada 3 kategori, yaitu :

kategori A : peserta diharapkan untuk merancang suatu pabrik kimia dengan memanfaatkan sumber daya alam yang berasal dari daerah di Indonesia yang nantinya akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan pangan di daerah sehingga akan mendukung ketahanan pangan nasional.

Kategori B: Pengembangan Energi Terbarukan Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Energi Nasional. Indonesia akan mengalami krisis energi karena ketersediaan bahan bakar minyak bumi dan gas alam semakin hari semakin terbatas. Indonesia yang saat ini dikenal sebagai salah satu negara pengekspor minyak bumi juga diperkirakan akan menjadi net importer bahan bakar minyak sekitar 10 tahun yang akan datang. Padahal Indonesia mempunyai potensi dalam mengembangkan energi terbarukan ?yang berasal dari sumber daya Indonesia sendiri, misalnya pembangunan industri biodiesel dari minyak nabati. Namun, kapasitas ilmu pengetahuan dan teknologi pengolahannya masih sangat rendah sehingga nilai tambah yang dihasilkannya juga masih relatif kecil. Pada kategori B, peserta diharapkan untuk merancang suatu pabrik kimia dengan memanfaatkan sumber daya alam yang berasal dari daerah di Indonesia yang nantinya akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan energi terbarukan di daerah sehingga akan mendukung ketahanan energi nasional.

Kategori C : Problem Solving Pada kategori C, peserta lomba diharapkan untuk memberikan ide-ide yang solutif dan inovatif terhadap suatu masalah nyata yang terjadi dalam industri kimia saat ini dengan menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkannya di pembelajaran Teknik Kimia. Upaya penyelesaian masalah dapat berupa perbaikan peralatan proses, modifikasi proses yang telah ada, atau penambahan peralatan proses dalam suatu unit operasi.

sudah sedikit terbayang kan tentang LRPTN..nah kalo temen2 adalah sarjana teknik kimia atau punya temen yang anak teknik kimia,,,suruh ikutan aja ya..sipsip?

kalo ada pertanyaan seputar LRPTN ini segera hubungi ketuanya yang namanya Ivan Hadinata 081932913884

%d bloggers like this: