Archive for October, 2010

mending cepet beres ga ya?


Jaman – jaman wisudaan gini biasanya bertabur kata – kata indah di status facebook atau blog – blog yang menulis bahwa mereka akan berpisah dengan teman – teman seperjuangan dan mereka sedih dan blablabla…

tenang2,,saya ga akan mengkritik itu,,saya ga akan bilang itu salah,,saya malah mau nambahin hehehe…

yak, disini saya,,lab BRDST puspiptek serpong…dari sabtu siang kemarin dan mungkin hingga senin malam besok. Ga sendiri sih,,untung ada partner.

dan mulailah saya berpikir yang tidak – tidak.

mungkin kaya ginilah apa yang akan dirasakan oleh para wisudawan dalam waktu dekat.

bosan. sepi. ga ada kerjaan. intinya bosen banget lah (bedanya disini ga ada rasa senang dan lega gara2 udah lulus :p )

biasanya setiap hari pasti ketemu teman seangkatan. pergi bareng. jalan bareng. makan bareng. belajar bareng. atau cuma sekadar ngobrol bareng berjam – jam gara2 sama2 males pulang. malah kesel2an ama temen sendiri.

hahahhaa sebut saya galau. labil atau apapun lah itu bahasanya sekarang

di satu sisi dengan tugas PPK dan kapsel yang tiap minggu. rapat tiap malam. tiap weekend harus dihabiskan dengan pergi ke Serpong buat ngliatin GC menjalankan tugasnya. Belom lagi teman – teman tim futsal disana menunggu untuk segera latihan karena kompetisi semakin dekat. sumpah saya pengen ini cepet beres. segera keluar dari ruangan R-239 karena dinyatakan lulus oleh prodi. memakai toga dan melihat senyum kedua orang tua. malam syukwis dimana malam itu adalah untuk saya dan teman – teman seangkatan saya.

tapi….

satu kali saja saya teringat teman – teman seangkatan saya…oh jangan sampai saat itu cepat – cepat menghampiri saya. Saya tidak ingin hari – hari dimana “duh hari ini ngapain ya, teman2 udah pada pulang ke daerahnya masing2” itu terjadi.

yah pada tau lah ya intinya apa…dan mungkin pada tau rasanya gimana…yah namanya anak muda,,masih suka labil hahahah

oh iya selamat wisuda buat kakak – kakak yang telah mendahului saya (wisudanya maksudnya)…selamat meniti karier dan kehidupan demi masa depan gemilang 🙂

 

Selamat ulang tahun Bandung


dalam perjalanan pulang kemarin Hari sabtu 16 Oktober 2010 sekitar pukul 15.00, banyak mobil dan motor dengan pengendaranya semua memakai pakaian serba biru. Beberapa di antaranya bahkan membawa bendera dan spanduk yang didominasi warna biru pula. bahkan sambil bernyanyi dari yel – yel pemberi semangat sampai lagu halo – halo bandung. Dalam hatipun saya berkata “bahkan tandingnya masih jam 7 malem”.

mungkin udah ga aneh lah ya,,,mungkin dari sebelum saya lahir pun memang sudah seperti ini setiap Persib bertanding..

udah ga aneh juga orang – orang bilang

“huh bikin macet aja”

“ih bikin berisik aja”

“itu apa – apaan sih muka pake dicat sgala”

dan lain – lain

tapi itu cara mereka untuk menunjukkan kecintaan mereka terhadap Bandung…

————————————————————————————————————————————————

Hari ini saya membaca koran. Berita tentang seorang petugas pembersih jalan dan taman di sekitar daerah Jalan Merdeka. Dengan adanya balkot festival tentu saja sampah yang dibuang akan semakin banyak di daerah itu, pekerjaan dia pun semakin berat. Namun, yang mengharukan adalah ketika dia ditanya siapkah dia membersihkan sisa sampah acara ini walaupun dia harus kerja 2 sampai 3 kali lebih berat dari biasanya…jawaban dia adalah :

“Oh saya mah tetep semangat buat bersihin Bandung mah. Ya, cuma ini dukungan buat Bandung yang bisa saya beri. Kalau buat ngebersihin Bandung mah, hayu waelah!”

itu cara menunjukkan cinta dia kepada Bandung

————————————————————————————————————————————————-

2 contoh di atas cukup menunjukkan bahwa Bandung masih dicintai oleh warganya..

para bobotoh dengan ikhlasnya datang dari jam 15.00 (bahkan mungkin ada yang dari jam 13.00 atau 14.00), padahal tanding masih jam 19.00.

Mereka datang ke stadion pun sudah menunjukkan kecintaan mereka terhadap Persib dan terhadap Bandung. Jika pembaca nonton pertandingan persib-persiba kemarin, lihatlah stadion siliwangi berubah jadi biru. tidak ada bangku kosong. Di sana mereka dengan ikhlas berteriak bersama, menyemangati para pemain yang bertanding di lapangan.

hasilnya?

5-1 untuk Persib Bandung.

kalau dipikir2 sodara bukan, keluarga bukan, tapi kok mereka mau ya nyemangatin? dibayar aja kagak,,malah mereka harus bayar tiket stadion (sebagai catatan: tiket stadion siliwangi termasuk mahal loh klo dibandingin stadion lain di Indonesia).

tapi mereka tetap mau datang. Karena mereka yakin, para pemain bertanding untuk nama baik Kota Bandung. Mereka juga ingin ikut berjuang demi nama baik Kota Bandung. Dan itu cara mereka.

untuk Bapak petugas kebersihan. Udah ga perlu panjang lebar lagi lah. Bayangkan aja,,yang nyampah bukan mereka, yang seneng – seneng juga bukan mereka, mereka juga ga dapet gaji tambahan. Tapi mereka dengan penuh semangat tetep mau ngebersihin Kota Bandung ini. Karena mereka pun berpikir kalau mereka tidak bekerja, Bandung akan kotor dan nama baik Bandung juga akan tercemar. Selain itu, mereka juga gamau liat warga Bandung ga betah di kotanya sendiri.

yah, banyak cara untuk menunjukkan cinta kita. Mereka yang di atas seharusnya jadi contoh bahwa himpitan ekonomi dan pendidikan tidak menjadi hambatan untuk bisa berbuat untuk Bandung.

SELAMAT ULANG TAHUN BANDUNG

(telat gapapa ya Ndung hehehe)

semoga kamu tetap menjadi kota yang menyejukkan bagi wargamu

semoga kamu tetap menjadi inspirasi bagi warga – wargamu untuk berkarya

Insya Allah saya akan tunjukkan kecintaan saya terhadap Bandung dengan cara saya sendiri

ya, walaupun di kampus saya sering pake “gue-elo” tapi  “aing-maneh” nya sering dipake juga kok 🙂

di laptop saya juga masih tersimpan lagu – lagu Bandungnya kok,,pokoknya saya cinta Bandung lah!!

Sekali lagi selamat ulang tahun ya Bandung,, sayangnya ga ada kolam yang cukup gede,kalo ada pasti saya ajak temen2 saya buat nyeburin kamu. Tapi jangan di kampus saya (jangan sebut merek ya,bisi dimarahin,,hmmmmm…inisial aja deh ya..ITB-red), tar kamu dipotong 3 sks lagi :p

 

nb: buat perusahaan – perusahaan yang mau promosi di Bandung, ada ide gila nih yang bisa dicoba. Daripada diiklanin di tivi mending coba dipromosiin sama bobotoh yg mau brgkt ke stadion itu aja,,,uang buat bayar iklan nya diganti jadi bayarin makan mereka sama transport mereka aja. Insya Allah lebih murah dan lebih efektif  hahahaha.

 

 

 

 

Sulitnya mengaplikasikan konsep ruang


tulisan kali ini terilhami oleh kisah nyata yang dialami saya sendiri…

ketika berbincang dengan Pak Mubiar terkait diskusi ide untuk rancang pabrik…

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Pak Mubiar : Ilmu yang berkembang selama ini salah..cenderung bersifat sekuler, belum memasukkan unsur agama/kepercayaan. konsep ilmu sekarang adalah,,manusia bertambah, tetapi sumber daya pendukung kehidupan manusia tidak bertambah. kalau begitu Tuhan itu tidak adil, Dia hanya baik pada kita tapi tidak baik pada anak cucu kita….nah kalau kalian beragama harusnya kalian ga sepakat sama konsep ini. Coba sumber daya apa yang bisa bertambah? air, tanah, udara semua tetap.

Saya, Riko, Mper : Hewan dan tumbuhan pak.

Pak Mubiar : Betul..coba biar hewan dan tumbuhan itu apa yang dibutuhkan?

Saya : Lahan yang lebih luas pak.

Pak Mubiar : Nah itu adalah jawaban dari ilmu yang salah selama ini,,mereka itu butuh ruang,bukan lahan

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

oke obrolan ini masih panjang,,saya singkat saja…

pasti teman2 bingung apa itu konsep ruang,,,saya pun sebenernya belum begitu paham, tapi Pak Mubiar memberi contoh seperti ini (menurut interpretasi saya).

1 tanaman singkong biasa dapat menghasilkan 5 kg  singkong. Jika ingin mendapatkan 50 kg singkong…bagaimana caranya?

Hal pertama yang terlintas oleh saya adalah tambah aja lahan nya! (seperti percakapan di atas)…

dipikir2 berarti butuh lahan yang 10x lebih luas ya…

tapi Pak Mubiar berkata seperti ini

“tanaman singkong itu kalau di sekitarnya ditanami semak belukar, satu tanaman akan menghasilkan 50 kg singkong”

wow!! oke itu pun mungkin membutuhkan lahan yang lebih luas,,tapi dijamin,,ga akan nyampe 10 kalinya…paling cuma jadi 2 kali nya…

sudah mulai menangkap tentang konsep ruang?

yak,,konsep ruang (yang saya tangkap) adalah bagaimana kita mengatur lingkungan hidup tanaman dan hewan sesuai dengan kebutuhannya.

memelihara ikan di akuarium mungkin salah satu contoh. Kita berusaha menambahkan tanaman air, oksigen, filter air, dan lain – lain…

dan hal tersebut mengantarkan kita ke judul tulisan ini “sulitnya mengaplikasikan konsep ruang”

yak,,saya sedang memelihara ikan di akuarium..dan itu sulit sekali…sebelum ini saya pernah memelihara ular,,,dan itu pun gagal…

sungguh se-sulit itu ternyata…

 

nb: sekali lagi konsep ruang disini adalah hasil interpretasi saya terhadap pembicaraan dengan Pak Mubiar, bukan murni konsep ruang menurut beliau. Jadi, kalau ada yang bener2 tau tentang konsep ruang dan saya ternyata salah,,itu murni kesalahan saya bukan salah Pak Mubiar :p

inspirasi malin kundang


Setelah lama tidak menulis blog…inspirasi datang juga…tulisan ini dimulai dengan petikan dari buku “Marketing is bullshit..” karya mas Ippho Santosa (recommended)

Dahulu kala, dengan amarah seribu karat seorang ibu sempat menyumpahi anaknya, Malin Kundang, “dasar anak durhaka! Ibu sumpahi engkau jadi batu, Malin!” Kun fayakun! Jadilah anak itu batu sungguhan. Coba bayangkan seandainya sang ibu malah mengucapkan yang sebaliknya, “Ibu sumpahi engkau jadi menteri–menteri yang baik hati!” Pastilah anak itu jadi menteri sungguhan. Iya ‘kan? Sempat kepikiran sama saya, daripada disumpahi jadi batu begitu, lebih baik disumpahi jadi mesin cuci, seterika, atau TV plasma. ‘Kan jauh lebih bermanfaat. Hehehe!

Inti utamanya yang ingin di-share oleh penulis buku tersebut adalah “hati2 dengan ucapan kita, atas izin yang maha kuasa alam akan merealisasikan apa yang kita ucapkan,,suka atau tidak”

hati – hati dengan ucapan…baik ucapan kita atau ucapan orang-orang di sekitar kita, karena kata – kata itu akan merasuk ke alam bawah sadar kita.

(untuk lebih detailnya segera cari buku ini di toko buku terdekat..sumpah oke banget bukunya,,saya baru baca 16 halaman aja udah dapet inspirasi nulis)

nahhhhh tadi kutipan bukunya udah,,sekarang saatnya saya berbagi pemikiran dari inspirasi di atas…

saran pertama agar ucapan yang keluar dari kita adalah hal yang positif “selalu cari hal yang positif dari setiap situasi yang sedang menimpa kita…

memang jauhhh lebih sulit ketimbang mencari hal negatif dalam setiap situasi yang kita alami…tapi dampak yang kita dapat pun akan jauh jauh jauuhhh lebih baik…(ga percaya kan? makanya cobain geura)…dan dengan sering dilatih, Insya Allah akan semakin mudah..

“wah gw praktikum dapet dosen yang galak dan menyebalkan abis nih”

terasa begitu sulit mungkin untuk mencari hal positif dari kasus di atas (tadinya saya mau bilang aja “wah gw dapet modul tangki bocor” tapi tar cuma anak tekim yang ngerti..biar lebih universal digubah dikit lah)

tapi pasti ada…misalnya :

“wah tapi gapapa lah,,klo gitu kan berarti gw harus belajar serius banget2 biar sukses..jadi pinter deh ntar”

atauuuu

“wahhhh asik juga nih,,pasti tar gw dapet cerita seru deh pas praktikum,,lumayan buat cerita anak cucu ntar”

pasti pasti pasti ada sisi positif dari segala sesuatu…1 contoh yang lain

“wah ini ko jam gini filmnya ga ada yang seru…di channel ini isinya gosip2 mulu,,,di channel yang lain sinetron,,di-dubbing lagi”

sisi positifnya? “wah bagus deh,,gw jadi bisa ngerjain tugas nih,,ato ga maen ke kostan si-anu ah biar makin akrab” ato apapun lah itu,,banyak ko banyak…

dapet partner yang ga enak,,ato yg belom kenal sama sekali? pasti ada aja sisi positif mah,,siapa tau setelah kita kenal orangnya..eh ternyata orang itu punya jiwa bisnis tinggi,,eh diajak lah kita berbisnis,,,misalnyaaaaa

itu pertama,,saran kedua biar ucapan yang keluar dari kita itu positif…percaya diri aja ama apa diri kita sendiri…jangan minder.

ada kabar minggu depan ada ujian 3 biji

jangan sampe kita bilang “ah gw pasti gagal nih,gw kan orangnya gabisa bagi waktu,dll dll dll”

tapi kita harus bilang gini “wuah seruuu!!! tantangan nih tantangan,,tp gw pasti bisa lah!!! gw gituuu”

ucapkan itu,,bahkan omongin juga aja ke temen2,,ga usah malu2,,tapi di modif dikit lah biar ga terkesan sombong…selain buat motivasi kita,,aura yang kita rasakan juga positif,,siapa tau malah bisa memotivasi temen2 juga,,pahala deh dapet..

2 kunci yang selalu jadi pegangan saya sehari2 biar hidup lebih enak…

selalu berpikir positif dan percaya diri!!

Insya Allah…

%d bloggers like this: