Setelah lama tidak menulis blog…inspirasi datang juga…tulisan ini dimulai dengan petikan dari buku “Marketing is bullshit..” karya mas Ippho Santosa (recommended)

Dahulu kala, dengan amarah seribu karat seorang ibu sempat menyumpahi anaknya, Malin Kundang, “dasar anak durhaka! Ibu sumpahi engkau jadi batu, Malin!” Kun fayakun! Jadilah anak itu batu sungguhan. Coba bayangkan seandainya sang ibu malah mengucapkan yang sebaliknya, “Ibu sumpahi engkau jadi menteri–menteri yang baik hati!” Pastilah anak itu jadi menteri sungguhan. Iya ‘kan? Sempat kepikiran sama saya, daripada disumpahi jadi batu begitu, lebih baik disumpahi jadi mesin cuci, seterika, atau TV plasma. ‘Kan jauh lebih bermanfaat. Hehehe!

Inti utamanya yang ingin di-share oleh penulis buku tersebut adalah “hati2 dengan ucapan kita, atas izin yang maha kuasa alam akan merealisasikan apa yang kita ucapkan,,suka atau tidak”

hati – hati dengan ucapan…baik ucapan kita atau ucapan orang-orang di sekitar kita, karena kata – kata itu akan merasuk ke alam bawah sadar kita.

(untuk lebih detailnya segera cari buku ini di toko buku terdekat..sumpah oke banget bukunya,,saya baru baca 16 halaman aja udah dapet inspirasi nulis)

nahhhhh tadi kutipan bukunya udah,,sekarang saatnya saya berbagi pemikiran dari inspirasi di atas…

saran pertama agar ucapan yang keluar dari kita adalah hal yang positif “selalu cari hal yang positif dari setiap situasi yang sedang menimpa kita…

memang jauhhh lebih sulit ketimbang mencari hal negatif dalam setiap situasi yang kita alami…tapi dampak yang kita dapat pun akan jauh jauh jauuhhh lebih baik…(ga percaya kan? makanya cobain geura)…dan dengan sering dilatih, Insya Allah akan semakin mudah..

“wah gw praktikum dapet dosen yang galak dan menyebalkan abis nih”

terasa begitu sulit mungkin untuk mencari hal positif dari kasus di atas (tadinya saya mau bilang aja “wah gw dapet modul tangki bocor” tapi tar cuma anak tekim yang ngerti..biar lebih universal digubah dikit lah)

tapi pasti ada…misalnya :

“wah tapi gapapa lah,,klo gitu kan berarti gw harus belajar serius banget2 biar sukses..jadi pinter deh ntar”

atauuuu

“wahhhh asik juga nih,,pasti tar gw dapet cerita seru deh pas praktikum,,lumayan buat cerita anak cucu ntar”

pasti pasti pasti ada sisi positif dari segala sesuatu…1 contoh yang lain

“wah ini ko jam gini filmnya ga ada yang seru…di channel ini isinya gosip2 mulu,,,di channel yang lain sinetron,,di-dubbing lagi”

sisi positifnya? “wah bagus deh,,gw jadi bisa ngerjain tugas nih,,ato ga maen ke kostan si-anu ah biar makin akrab” ato apapun lah itu,,banyak ko banyak…

dapet partner yang ga enak,,ato yg belom kenal sama sekali? pasti ada aja sisi positif mah,,siapa tau setelah kita kenal orangnya..eh ternyata orang itu punya jiwa bisnis tinggi,,eh diajak lah kita berbisnis,,,misalnyaaaaa

itu pertama,,saran kedua biar ucapan yang keluar dari kita itu positif…percaya diri aja ama apa diri kita sendiri…jangan minder.

ada kabar minggu depan ada ujian 3 biji

jangan sampe kita bilang “ah gw pasti gagal nih,gw kan orangnya gabisa bagi waktu,dll dll dll”

tapi kita harus bilang gini “wuah seruuu!!! tantangan nih tantangan,,tp gw pasti bisa lah!!! gw gituuu”

ucapkan itu,,bahkan omongin juga aja ke temen2,,ga usah malu2,,tapi di modif dikit lah biar ga terkesan sombong…selain buat motivasi kita,,aura yang kita rasakan juga positif,,siapa tau malah bisa memotivasi temen2 juga,,pahala deh dapet..

2 kunci yang selalu jadi pegangan saya sehari2 biar hidup lebih enak…

selalu berpikir positif dan percaya diri!!

Insya Allah…

Advertisements