dalam perjalanan pulang kemarin Hari sabtu 16 Oktober 2010 sekitar pukul 15.00, banyak mobil dan motor dengan pengendaranya semua memakai pakaian serba biru. Beberapa di antaranya bahkan membawa bendera dan spanduk yang didominasi warna biru pula. bahkan sambil bernyanyi dari yel – yel pemberi semangat sampai lagu halo – halo bandung. Dalam hatipun saya berkata “bahkan tandingnya masih jam 7 malem”.

mungkin udah ga aneh lah ya,,,mungkin dari sebelum saya lahir pun memang sudah seperti ini setiap Persib bertanding..

udah ga aneh juga orang – orang bilang

“huh bikin macet aja”

“ih bikin berisik aja”

“itu apa – apaan sih muka pake dicat sgala”

dan lain – lain

tapi itu cara mereka untuk menunjukkan kecintaan mereka terhadap Bandung…

————————————————————————————————————————————————

Hari ini saya membaca koran. Berita tentang seorang petugas pembersih jalan dan taman di sekitar daerah Jalan Merdeka. Dengan adanya balkot festival tentu saja sampah yang dibuang akan semakin banyak di daerah itu, pekerjaan dia pun semakin berat. Namun, yang mengharukan adalah ketika dia ditanya siapkah dia membersihkan sisa sampah acara ini walaupun dia harus kerja 2 sampai 3 kali lebih berat dari biasanya…jawaban dia adalah :

“Oh saya mah tetep semangat buat bersihin Bandung mah. Ya, cuma ini dukungan buat Bandung yang bisa saya beri. Kalau buat ngebersihin Bandung mah, hayu waelah!”

itu cara menunjukkan cinta dia kepada Bandung

————————————————————————————————————————————————-

2 contoh di atas cukup menunjukkan bahwa Bandung masih dicintai oleh warganya..

para bobotoh dengan ikhlasnya datang dari jam 15.00 (bahkan mungkin ada yang dari jam 13.00 atau 14.00), padahal tanding masih jam 19.00.

Mereka datang ke stadion pun sudah menunjukkan kecintaan mereka terhadap Persib dan terhadap Bandung. Jika pembaca nonton pertandingan persib-persiba kemarin, lihatlah stadion siliwangi berubah jadi biru. tidak ada bangku kosong. Di sana mereka dengan ikhlas berteriak bersama, menyemangati para pemain yang bertanding di lapangan.

hasilnya?

5-1 untuk Persib Bandung.

kalau dipikir2 sodara bukan, keluarga bukan, tapi kok mereka mau ya nyemangatin? dibayar aja kagak,,malah mereka harus bayar tiket stadion (sebagai catatan: tiket stadion siliwangi termasuk mahal loh klo dibandingin stadion lain di Indonesia).

tapi mereka tetap mau datang. Karena mereka yakin, para pemain bertanding untuk nama baik Kota Bandung. Mereka juga ingin ikut berjuang demi nama baik Kota Bandung. Dan itu cara mereka.

untuk Bapak petugas kebersihan. Udah ga perlu panjang lebar lagi lah. Bayangkan aja,,yang nyampah bukan mereka, yang seneng – seneng juga bukan mereka, mereka juga ga dapet gaji tambahan. Tapi mereka dengan penuh semangat tetep mau ngebersihin Kota Bandung ini. Karena mereka pun berpikir kalau mereka tidak bekerja, Bandung akan kotor dan nama baik Bandung juga akan tercemar. Selain itu, mereka juga gamau liat warga Bandung ga betah di kotanya sendiri.

yah, banyak cara untuk menunjukkan cinta kita. Mereka yang di atas seharusnya jadi contoh bahwa himpitan ekonomi dan pendidikan tidak menjadi hambatan untuk bisa berbuat untuk Bandung.

SELAMAT ULANG TAHUN BANDUNG

(telat gapapa ya Ndung hehehe)

semoga kamu tetap menjadi kota yang menyejukkan bagi wargamu

semoga kamu tetap menjadi inspirasi bagi warga – wargamu untuk berkarya

Insya Allah saya akan tunjukkan kecintaan saya terhadap Bandung dengan cara saya sendiri

ya, walaupun di kampus saya sering pake “gue-elo” tapi  “aing-maneh” nya sering dipake juga kok🙂

di laptop saya juga masih tersimpan lagu – lagu Bandungnya kok,,pokoknya saya cinta Bandung lah!!

Sekali lagi selamat ulang tahun ya Bandung,, sayangnya ga ada kolam yang cukup gede,kalo ada pasti saya ajak temen2 saya buat nyeburin kamu. Tapi jangan di kampus saya (jangan sebut merek ya,bisi dimarahin,,hmmmmm…inisial aja deh ya..ITB-red), tar kamu dipotong 3 sks lagi :p

 

nb: buat perusahaan – perusahaan yang mau promosi di Bandung, ada ide gila nih yang bisa dicoba. Daripada diiklanin di tivi mending coba dipromosiin sama bobotoh yg mau brgkt ke stadion itu aja,,,uang buat bayar iklan nya diganti jadi bayarin makan mereka sama transport mereka aja. Insya Allah lebih murah dan lebih efektif  hahahaha.