Hari ini hari yang cukup melelahkan. Tapi hari ini lagi – lagi saya diyakinkan kalau Tuhan itu benar – benar sayang sama makhluk-Nya. Tuhan akan memberikan apa yang makhluk-Nya minta cepat atau lambat.

Pengalaman hari ini membuat saya flashback lagi. Berpikir lagi hal – hal apa yang Tuhan berikan persis seperti apa yang saya minta.

Pasti banyaaak banget nikmat yang Allah kasih buat saya. Makanya biar ga panjang2 banget saya cerita tentang 2 hal besar aja ya yang saya rasakan Tuhan berikan persis seperti apa yang saya minta. Tentang percintaan dan Pekerjaan.

Hal pertama nih tentang percintaan. Sejak kuliah saya punya semacam kriteria dasar lah nanti itu pendamping hidup saya seperti apa. Sederhana aja sih.

1. Pake kerudung
2. Sopan ucapan perbuatan
3. Cantik (menurut saya)

Itu aja 3 kriteria utamanya.

Dulu juga ada ya film bioskop “jomblo”. Disitu saya semacam sirik lah sama kisah percintaannya agus dan rita (kalau lupa, pemerannya ringgo sama rischa novisha). Dari situ kepikiran “ah pengen punya calon kaya rita nih”.

Daaan apa yamg terjadi. Tuhan memberikan saya “calon” yang sangat mirip dengan rita dan memiliki 3 kriteria utama di atas. Cuma bedanya calon saya lebih cantik aja hehehe.

Ya belom resmi sih kita. Cuma Insya Allah sudah direncanakan. Sudah ada tanggal juga. Doakan saja diberi kelancaran. Sebenarnya mengenai proses peresmian (pernikahan-red) ini, saya juga sangat sangat mendapatkan kebaikan – kebaikan Tuhan. Cuma ceritanya nanti aja kalau sudah benar – benar resmi ya.

Saya sama si calon saya ini awalnya bukan teman sekolah, bukan teman kuliah, bukan teman main. Pokoknya kita diketemukan secara tidak sengaja lah. Lalu berproses dan sepakat. Dan hebatnya saya baru merasa calon saya ini mirip rita bukan pas dulu pdkt. Tapi pas saat – saat merencanakan inilah saya baru ngeh “wah mirip banget yak sama rita”.

Itu percintaan. Mengenai kerjaan. Pada saat kuliah juga, cita2 saya itu jadi petani modern. Petani yang mengolah dulu hasil taninya baru dijual. Step awal dulu kepikirannya kerja dulu d prusahaan pangan biar tau bisnis pangan. Alhamdulillah dikasih juga sama Tuhan, saya diterima kerja di prusahaan pangan.

Nah dari hasil baca buku, diskusi, dan introspeksi lagi mengenai cita2. Ternyata yang penting itu menjamin supply. Yang penting bagaimana men design kebunnya biar produktif. Gimana cara bertani yang efektif.

Saya dan ayah saya ga ada tuh kenalan ahli pertanian. Tapi dasar memang Tuhan baik sama saya. Tiba2 ayah saya dikenalkan oleh mantan dosennya ke seorang pengusaha singkong. Singkat cerita sampailah ke hari ini dimana saya diajak melihat kebun singkong. Banyak hal baru yang saya dapat. Banyak pelajaran yang bisa saya ambil.

Masalah cita2,Tuhan udah ngasih jalan. Tinggal mau ga saya action memanfaatkannya. Jadi sama sekali kalau masa depan saya (atau kita) suram atau gitu2 aja. Jangam nyalahin Tuhan. Tuhan mah selalu ngasih jalan dan kesempatan. Kita nya we yang gatau dan gamau memanfaatkan.

Inti dari tulisan ini. Masa depan kita harus kita sendiri yang tau mau dibawa kemana. Berdoa sama Tuhan minta ditunjukkan. Tapi doanya yang spesifik “Ya Tuhan, cita2 saya adalah jadi petani modern blablablablabla. Mohon ditunjukkan jalan”.

Jadi berdoa itu jangan sekadar “Ya Tuhan mohon tunjukkan jalan terbaik buat saya”. Tuhan sih tau yang terbaik buat umat-Nya. Tapi Tuhan juga mau kita untuk tau, menurut kita apa sih yang terbaik buat kita. Lagian emangnya kita siapa kok minta Tuhan yang mikirin kita bagusnya jadi apa. Sekali lagi berdoalah se-spesifik mungkin.

Biar makin cepet dan dimudahkan sama Tuhan. Perbanyak ibadah. Yang wajib dikerjaakan. Yang sunnah diperbanyak. Sedekah dikencengin juga. Insya Allah. Pengalaman juga tuh sama saya. Pas rajin dhuha + tahajud semua langsung berasa dimudahkan. Berasa terang aja gitu. Ga percaya? Sok cobain.

Tapi setelah minta secara spesifik dan ga dikasih jalan sama Tuhan. Pilihannya ada 2

1. Sebenernya udah ditunjukkin. Tapi kitanya aja yang ga nangkep. Atau
2. Sama seperti tulisam saya ttg musibah. Introspeksi dulu. Siapa tau ada dosa kita yang menghalangi petunjuk dari Allah.

Mudah2an pada ga percaya sama tulisan saya jadi pada mraktekkin.

Spesifikkan doa, perbanyak ibadah, percaya pada Tuhan

-bcl-