Tulisan kali ini saya dedikasikan buat tim sepakbola terfavorit saya. Siapa lagi kalau bukan PERSIB BANDUNG.

Hmmmm dipikir – pikir saya ga pernah nulis tentang sepakbola ya. Padahal itu hobi saya loh, main dan nonton sepakbola. Bahkan dulu pernah punya cita – cita jadi pemain sepakbola. Yah biar jadi kenangan indah aja itu cita – cita hehehe.

Kembali ke Persib Bandung…

Ada yang bilang dia itu maung bandung. Ada pula yang menyematkan julukan pangeran biru kepadanya. Yang jelas dialah satu – satunya klub yang ada di benak hampir seluruh warga bandung.

Pernah ada di bandung pas Persib main? Pernah ada di dekat stadion pas persib main? Akan ada jalur biru yang segera terbentuk dari segala penjuru Bandung yang seluruhnya bermuara ke stadion. Baik itu stadion siliwangi atau stadion si jalak harupat. Tergantung dimana Persib bermain.

Itulah fenomena yang selalu terjadi di Bandung. Semenjak pagi jalur biru itu sudah mulai nampak di jalanan Bandung. Walaupun Persib tanding di sore atau malam hari, ribuan bobotoh sudah mempersiapkan dirinya semenjak pagi. Bersiap – siap menjadi bagian dari Persib. Menjadi pemain ke-12 di lapangan. Menjadi pendukung setia yang akan membuat Maung Bandung semakin bertaring, sekaligus menciutkan nyali siapapun yang menjadi lawan Persib.

Begitu hebatnya kecintaan bobotoh terhadap Persib. Apapun dilakukan untuk mendukung Persib. Hal itu juga yang saya rasakan. Walaupun tidak se-fanatik pendukung lain, tapi saya rasakan kebanggaan dan kecintaan terhadap Persib Bandung. Jika ditanya “kenapa suka sama Persib? Kan prestasinya ga begitu bagus”. Jawabannya sederhana. “karena saya orang Bandung”. Ya, hampir dipastikan setiap warga Bandung adalah bobotoh Persib Bandung.

Mau bukti seberapa besar loyalitas warga Bandung? Saya beri beberapa cerita yang menunjukkan hasil dari fanatisme bobotoh kepada Persib yang memberikan keuntungan kepada Persib sendiri.

Silahkan dilihat jadwal siaran langsung televisi Liga Indonesia. Silahkan googling. Berapa banyak pertandingan Persib yang disiarkan langsung. Nyaris semua pertandingan. Bingung kenapa ini jadi bukti? Simple aja. Pertelevisian Indonesia jelas sangat menuhankan rating. Karena semakin tinggi rating berarti semakin banyak yang nonton. Dan produk – produk akan mengantri untuk diiklankan. Logis ketika saya bilang “nyaris semua pertandingan Persib disiarkan. Karena banyak yang menonton pertandingan Persib”. Setiap pertandingam Persib rating nya selalu tinggi karena fanatisme bobotoh yang sangat besar.

Contoh lain. Masih tentang sponsor. Disaat klub lain sangat sulit mendapatkan sponsor untuk membiayai biaya kompetisi, justru hal sebaliknya terjadi pada Persib. Lihat saja kostum Persib saat ini. Hampir seperti pembalap. Sponsor penuh menutupi kostumnya. Bagian perut? Di bagian belakang di atas nomor dan nama? Di tangan kiri dan kanan. Full tertutupi pokoknya deh. Itu tanda bahwa Persib itu nilai jual untuk promosinya tinggi. Kenapa? Ya karena kesetiaan dan fanatisme dari bobotoh pastinya.

Hasilnya. Ga akan pernah deh mendengar Persib nunggak gaji pemainnya. Makanya banyak pemain yang mendambakan main di Indonesia. Selain Persib tim besar tentu karena jaminan finansialnya.

Hari minggu besok tanggal 13 januari 2013, Persib Bandung akan mengarungi pertarungan di Liga Super Indonesia melawan Persipura Jayapura. Pertandingan berat mengingat kualitas pemain yang dimiliki persipura. Namun sebagai bobotoh tentu harus optimis Persib akan memenangkan pertandingan. Nonton? Pasti. Walau hanya di tv. Apa daya sedang di luar kota. Sebenarnya rindu suasana stadion. Bikin merinding dah pokoknya kalau di stadion.

Sekali lagi untuk Persib. Doa terbaik untuk Persib. Semoga di tahun ini JUARA!!!!!!

Jung Tarung Maung Bandung
Urang pasti dukung!!!!

-bcl-