20120922_164530

Foto ini sengaja saya ambil setelah lulus kuliah.

Karena dulu ketika saya sedang tidak bersemangat kuliah, pasti saya akan menuju tempat ini. Masuk dari gerbang ini dan merasakan rasa syukur yang begitu dalam. Hal itu yang membuat saya bersemangat lagi untuk kuliah.

Kini, 1.5 tahun berlalu sejak saya keluar dari gerbang ini. Menatap lagi foto ini. Ada 1 pertanyaan besar yang ada di benak dan pikiran saya

“Maneh teh nanaonan sih 4 tahun didinya?”

Saya terjemahkan deh

“Kamu teh ngapain sih 4 tahun disitu?”

Saya merasa banyak hal yang dilewatkan. Banyak hal yang saya lepaskan. Rasa sesal itu sangat dalam.

Namun saya tahu, rasa sesal sebesar apapun tidak akan merubah kehidupan. Dunia tidak akan berputar kembali ke saat dimana saya ada berada di dalamnya.

Tentu saja saya pun dapat banyak sekali pelajaran selama 4 tahun tersebut. Kehidupan harus terus dijalani. Kini saya beraa di luar “Gerbang Ganesha”. Kini saya berada di sebuah tempat yang banyak orang sebut sebagai “Dunia Nyata”.

Saya tidak akan terus berkutat dengan rasa sesal saya terhadap 4 tahun hidup saya di kampus. Saya tidak akan memelankolisasi rasa sesal tersebut. Hidup harus terus berjalan. Dimanapun saya berada, ilmu dan pelajaran pasti akan saya dapat. Hidup adalah belajar, hidup adalah berproses. Biarlah foto ini yang akan terus mengingatkan saya untuk terus belajar, terus berkembang. Sebagaimana Gerbang ini yang selalu menyemangati hidup saya selama 4 tahun di kampus.

Ah, sudah lama rasanya. Ingin sekali saya kembali berteriak:

SALAM GANESHA

BAKTI KAMI

UNTUKMU

TUHAN

BANGSA

DAN ALMAMATER

MERDEKA