Kemarin ada yang mempertanyakan hubungan antara dollar amerika dengan emas dunia. Saya akan mencoba menjawab berdasarkan pengetahuan yang saya miliki. Mudah – mudahan bisa bermanfaat

Ketika harga dollar naik, maka emas akan turun, begitupun sebaliknya. Sehingga hubungan antara dollar amerika dengan emas dunia adalah berbanding terbalik.

Nilai suatu barang itu intinya adalah supply and demand. Ketika supply banyak dan demand sedikit tentu saja harga akan turun. Kalau supply sedikit demand banyak maka harga akan naik.

Kalau berbicara tentang emas kita bisa membuat asumsi supplynya tetap. (penambahan emas yang beredar di masyarakat itu sekitar 1.5 persen saja setiap tahunnya). Setelah itu lalu kita perlu melihat kecenderungan dari sisi demandnya.

Seperti kita ketahui, yang namanya dollar amerika kan jadi semacam mata uang standard internasional. Apa – apa pasti akan dibandingkan dengan dollar amerika. Sehingga dollar amerika sendiri masih diminati untuk dijadikan lahan investasi. Kenapa? Karena dollar amerika dijadikan standard, sehingga nilainya dianggap stabil. Berbeda dengan mata uang lain yang lebih labil (mata uang aja bisa galau ya hehehe).

Nah, ketika ada kepanikan yang sangat hebat. Misalkan kasus krisis euro beberapa waktu lalu, orang – orang akan berbondong – bondong membeli dollar untuk mengamankan hartanya. Karena semua investasi diarahkan ke dollar, maka demand untuk emas akan menurun. Sehingga kalau keadaannya seperti ini, dollar akan naik sementara emas akan turun.

Namun, ibarat rocker juga manusia, dollar juga adalah mata uang. Yang tergerus oleh inflasi. Sehingga dollar pun nilainya akan turun jika jumlah uang dollar yang beredar di masyarakat semakin banyak. (ya namanya mata uang, kalau mau nyetak kan tinggal ngeprint. Beda dengan emas yang kalau mau nyetak kudu nambang dulu). Nah, ketika dollar ini turun, kecenderungan masyarakat akan mencari safe heaven yang sebenarnya yaitu emas. Keadaan ini akan membuat nilai dollar turun, sementara harga emas naik.

Jika ingin tau lebih dalam, siapa tau penjelasan saya membingungkan, bisa buka link berikut ini :

Menduga harga emas dengan dollar base money

Euro jatuh, emas juga jatuh

Semoga tulisan ini bermanfaat. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang investasi emas, bisa hubungi saya🙂

-bcl-