Tulang tengkorak. Sebuah benda keras yang memberi bentuk kepada kepala kita.

Adanya tulang tengkorak membuktikan betapa lemahnya organ bernama otak. Saking lemahnya otak itu, sampai – sampai Tuhan ciptakan tulang tengkorak untuk melindunginya. Namun, adanya tulang tengkorak juga membuktikan betapa pentingnya otak itu.

Namanya juga pusat syaraf ya, Pusat dari rangsangan yang diterima tubuh ya jelas lah penting banget si otak ini.

Kalau ngomongin tentang otak pasti udah pada familiar sama yang namanya otak kiri dan otak kanan. Dua bagian otak yang tercipta sama pentingnya. Bukan berarti karena otak kiri yang membuat kita bisa jadi rangking 1 di kelas membuat otak ini lebih penting daripada otak kanan. Eh tidak benar itu.

Bukan juga karena otak kanan lah yang membuat para seniman dapat menghasilkan karya seni yang indah membuat derajat otak kanan lebih tinggi daripada otak kiri. eh sanes kitu kalau kata orang sunda mah.

Yang jelas keduanya penting. Manusia dengan hanya otak kanan maka hidupnya akan berantakan. Sedangkan manusia tanpa otak kanan maka hidupnya akan membosankan. Maka seimbanglah, maka kita akan menjadi manusia dengan hidup yang indah sekaligus terarah. Tuhan sudah memberikan karunianya secara adil kepada semua manusia dengan menciptakan otak kanan dan kiri loh ya. Jangan sampai kita kufur nikmat loh ya sama karunia Allah ini. 

Manusia dengan hanya otak kanan maka hidupnya akan berantakan. Sedangkan manusia tanpa otak kanan maka hidupnya akan membosankan.

Untuk tau otak mana yang lebih dominan dari kita, saya sih paling suka dengan melakukan tes di bawah ini. Nih saya kasih link nya. dibuka dulu yak.

TES OTAK KIRI OTAK KANAN 

Mmmmm banyak yang bilang tes itu bisa dipakai untuk mengetahui kita dominan otak kiri atau otak kanan. Makanya saya bilang di awal pun begitu. Tapi setelahnya saya jadi mikir kalau tes di atas lebih cenderung untuk menjawab pertanyaan “seberapa sehatkah otak kanan kita?” 

Kenapa? karena kalau ditanya kecenderungan mah udah pasti lah kita dominan otak kiri. Secara 16 tahun pendidikan formal kita digembleng terus otak kirinya. Nah yang jadi masalah apakah kita “ngasih makan” otak kanan kita juga? kalau ga pernah dikasih makan pasti kita salah – salah terus pas ngerjain tes di atas. Nah itu indikator kalau kita selama ini sudah melupakan otak kanan. Ga pernah “ngasih makan” otak kanan.

karena kalau ditanya kecenderungan mah udah pasti lah kita dominan otak kiri. Secara 16 tahun pendidikan formal kita digembleng terus otak kirinya

Di tes itu kan kita diminta fokus saja pada warna tulisannya. Bukan apa tulisannya. Kadang kita secara refleks pasti langsung membaca tulisannya bukan mengucapkan warnanya. Itu ya karena kita dominan otak kiri. Kalau kita bisa menyelesaikan tes itu tanpa salah di kesempatan pertama, itu berarti otak kita seimbang.

Berikut fungsi masing – masing otak yang saya dapatkan dari blog http://bloggerpurworejo.com :

Otak kanan — KREATIF — Bentuk, Intuisi, Lagu &musik, Warna warni, Simbol, Gambar, Imajinasi, Menghayal

Otak kiri – ANALITIK — Bahasa verbal, Matematika, Logika, Angka2, Urutan2, Penilaian, Analisis, Linier

Nah, keliatan kan ya kenapa itu bisa dipakai untuk ngecek otak kanan. Karena otak kanan cenderung melihat warna – warni. 

Sekali lagi, menurut saya tes di atas bukan melihat kita dominan otak mana. Kalau dominan udah pasti lah dominan otak kiri. 

Nah sekarang gimana ya cara kita ngasih makan otak kanan?

Ya lakukanlah hal – hal yang sifatnya butuh kreativitas. Paling gampang ya mulailah menulis (hehe ketauan ya saya ngerjain yang paling gampang. ini buktinya nulis hehe). Bikinlah blog, atau minimal seringlah nulis di word trus disimpan kalau masih malu dibaca orang mah. Ga suka nulis? ya bikin lah puisi, bikin lagu, menggambar, melukis, dan lain – lain.

Ga usah deh pas dikasih saran di atas langsung defensif 

“ah gue gabisa nulis”

“ah gue ga kreatif”

Eitsssss ati – ati. Pertama karena perkataan adalah doa. Yang kedua dan yang paling penting. berarti kita menuduh orang lain lohhhh. Udah jelas – jelas kreatif itu adanya di otak kanan. Dan udah jelas – jelas Tuhan itu memberi semua manusia otak kanan. Ga ada manusia yang lahir otaknya sebelah doang. kiri doang gitu.

Jadi ga usah alesan itu lagi deh. males mah bilang aja males. Stop nyalahin Tuhan.

Kalau awal nulis ternyata tulisannya garing ya gapapa lah. Pas ngegambar hasilnya jelek pake banget ya gapapa. Inget lohhh hidup itu berproses. Ga penting hasilnya (kecuali itu kerjaan atau bisnis kita ya), yang penting otak kanan kita diberi makan. Coba mulai deh. Lama – lama akan kita temukan kebahagiaan menulis seperti yang saya rasakan sekarang. Lama – lama otak bakalan berasa seger. Otak seger Insya Allah penyakit jauh – jauh dari kita.

Seperti biasa, kalau udah berpendapat tentang mindset tentu saja saya akan mengakhiri dengan kalimat HIDUP LO URUSAN LO. Saya kan hanya berbagi pendapat, tapi yang menentukan hidup lo ya lo sendiri. Ayo berlatih lah hal – hal yang memicu kreatifitas. Lakukan yang gampang aja, menulis. Kalau bingung inspirasi dari mana, tulis aja pengalaman sehari – hari dulu. Lama – lama bakal ngalir kok yang namanya inspirasi mah.

-bcl-