Mau berbagi lagi 1 video yang menunjukkan bahwa happiness at work itu sangat penting.

Kenapa?

Karena dengan bekerja secara bahagia akan meningkatkan produktivitas kerja. Jauh lebih besar ketimbang Training your time, better to-do-list, structured calendar, atau prioritizing your task. Dengan bahagia akan ada antusiasme dalam bekerja. Kalau udah antusias mah kita bakal memberikan 100 persen diri kita lah buat kerjaan.

Paling benar memang kita dari awal memilih pekerjaan yang kita senangi. Kita pilih – pilih dulu kerjaan yang sesuai bidang yang kita inginkan, baru apply ke perusahaan tersebut. Jangan deh “asal apply entar siapa yang duluan manggil”. Masa depan kok di-lotere kan seperti itu.

Tapi gimana dong kalau sudah terlanjur? Gimana caranya biar bisa bahagia?

Dalam video tersebut, Ibu Eileen mengatakan 3 hal :

1. Bahagia itu sederhana
2. Bahagia itu sudah ada di dalam darah kita
3. Mulailah dari sekarang

Lihatlah poin kedua. “Bahagia itu sudah ada di dalam darah kita”. Jadi tinggal manggil aja kok tuh si “bahagia”. tinggal mengubah mindset aja. Setiap hal itu pasti ada sisi positif dan negatifnya lah ya. Kita harus selalu mencari sisi positif dari kerjaan kita saat ini.

Contoh. Lagi dapet kerjaan banyak. Kita bisa mengeluh karena kerjaan banyak atau kita bisa berpikir banyak pelajaran yang bisa diambil. Atau itu berarti kita sangat dipercaya oleh atasan kita untuk mengerjakan banyak pekerjaan.

Gampang – gampang susah kok mengubah menjadi berpikir positif. Ibarat menggeser “saklar” otak kita. Untuk yang terbiasa berpikir positif tentu saja mudah untuk menggeser saklarnya. Namun, untuk yang belum terbiasa tentu akan sulit. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Hidup adalah proses. Lama kelamaan juga akan terbiasa berpikir positif.

Atau cara yang lebih hebat adalah dengan mengubah mindset tujuan kita dalam bekerja. Mari kita coba untuk menganggap bekerja adalah ibadah? “ah udah tau kali”. Ya secara slogan mungkin kita sering mendengarnya. Tapi apakah iya sudah kita laksanakan secara mindset? Dengan berpikir bekerja adalah ibadah, maka kita akan lebih ikhlas dalam bekerja. Mau ada atasan atau tidak, kita akan tetap bekerja dengan sebaik- baiknya. Banyak atau tidaknya kerjaan atau bonus yang diterima tidak akan terlalu dirisaukan karena kita tahu rezeki sudah ada yang mengatur. Yang paling penting, kita akan jauh dengan sesuatu yang bernama “mengeluh”, hati akan jadi lebih sehat pikiran pun lebih tenang.

Yuk mari sama – sama mencoba mengubah mindset. Baik mindset selalu berpikir positif atau mindset untuk menganggap bekerja adalah ibadah.

-bcl-