Selamat pagi/siang/sore/malam/dini hari (tergantung saat kapan teman – teman baca tulisan ini :p )

Untuk hari ini tulisannya bakal singkat aja. Masih ada hubungannya tentang tulisan kemarin. Tentang musibah. Kemarin kan saya sudah berpendapat kalau musibah itu bisa berupa ujian atau azab. Ujian kalau memang kita tidak ada dosa yang sebelumnya dilakukan, azab kalau kita diingatkan kita itu baru melakukan dosa loh.

Masih dari Ust. Yusuf Mansur juga, beliau mengatakan ada 10 dosa besar yang menghalangi rizki kita. 10 dosa besar itu adalah :

1. Syirik
2. Meninggalkan Shalat Wajib
3. Durhaka pada Orang Tua
4. Zina
5. Rizki Haram
6. Mabuk
7. Memutus Silaturahmi
8. Bohong (nuduh zina, saksi palsu, bohong)
9. Kikir (pelit maksudnya, bukan kikir alat bangunan loh ya)
10. Ghibah (ngomongin orang)

Saya bilang tadi ga akan panjang – panjang di tulisan ini. Karena jelas, intinyamah yuk baca 10 dosa besar di atas. Bandingkan dengan kehidupan kita selama ini. Kalau masih ada yang dilakukan mnulai dikurangi (sampai akhirnya bisa dihilangkan).

Ustadz juga mengatakan mengenai 10 dosa besar ini. Biarlah menjadi rahasia diri pribadi dengan yang di atas. Jangan digunakan untuk menilai orang lain. Jadi jangan deh pernah nge-judge “wah dia hidupnya susah terus, pasti ada 10 dosa besar yang dilakukan tuh. Dari mukanya paling ga jauh dari zina”. Jangan.

Makanya saya pun ga mau panjang – panjang di tulisan ini. Tujuan tulisan ini cukup untuk info aja. Ini loh 10 dosa besar itu. Sisanya silahkan bandingkan dengan hidup masing – masing. Bismillah. Mudah – mudahan kita semua bisa lepas dari 10 dosa besar ini ya. Amin.

-bcl-