Yesterday is history, tomorrow is a mystery, today is a gift of god, which is why we call it the present.  -Bil Keane-

Quote di atas mungkin lebih banyak didengar dari master Oogway di film kungfu panda. Pesan dari master Oogway melalui quote di atas sangat jelas. Bersyukurlah terhadap hari ini. Karena adanya hari ini adalah anugrah dari Tuhan.

Namun melalui tulisan ini saya ingin menggarisbawahi tentang “tomorrow is a mystery”. Esok, masa depan adalah misteri. karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Sgala yang terjadi dalam hidupku ini, adalah sebuah misteri ilahi -ari lasso-

Saat ini saya berada di Bekasi. Bekerja untuk suatu multinational company yang memproduksi susu formula untuk bayi. Menikah di usia 24 tahun.

7 tahun yang lalu. saya kelas 2 SMA. tinggal di Kota Bandung yang selalu saya cintai. tidak pernah terpikir untuk tinggal di Bekasi. atau menikah di usia 24 tahun.

12 tahun yang lalu. saya berusia 12 tahun. masih polos. kelas 6 SD. Sama sekali tidak pernah bercita – cita menjadi pekerja di multinational company. yang ada di pikiran hanya sepakbola. Bahkan cita – citanya pun adalah menjadi pemain sepakbola profesional.

Apakah saya menyesal dengan keadaan saat ini? Tentu tidak. seperti master Oogway bilang. Hari ini selalu harus disyukuri. Dan memang bukan mengenai penyesalan dan syukur akan hari ini yang saya fokuskan dalam tulisan ini. Dari 3 keadaan hidup saya di atas yang kesannya kok beda banget sama ekspektasi saya di setiap periode hidup ternyata ada missing link. Jika saya lengkapi dengan kisah hidup saya, maka alur itu akan terbentuk.

6 tahun yang lalu. saya kelas 3 SMA. sedang fokus belajar. Untuk apa? Teknik Kimia ITB…

5 tahun yang lalu. saya tingkat 1. Sedang berkuliah di Teknik Kimia ITB. masih mencari arah untuk masa depan

2 tahun yang lalu. saya tingkat akhir kuliah. Memiliki ketertarikan di bidang pangan. Berniat untuk mengetahui lebih lanjut tentang bisnis di bidang pangan setelah lulus kuliah.

Jadi intinya apa?

Tomorrow is mystery. Masa depan adalah misteri. kita tidak akan pernah tahu seperti apa masa depan. Namun, kita bisa memprediksikan masa depan kita dengan apa yang kita lakukan. Dengan apa yang kita inginkan.

Kita pasti memiliki keinginan. Saya memiliki keinginan. beberapa hal saya dapatkan sesuai dengan keinginan saya. Beberapa hal tidak saya dapatkan.

Saat ini saya berada di Bekasi. bekerja untuk sebuah MNC di bidang pangan. memiliki 1 istri.

Cita – cita saya ingin menjadi seorang pengusaha di bidang pangan yang mengolah sumber daya asli Indonesia untuk dijadikan sebuah produk makanan.

Apakah saya sudah memiliki cita – cita setidaknya untuk 5 tahun ke depan? Sudah.
Apakah saya sedang mengusahakan agar cita – cita saya tercapai? Tentu saja.
Apakah cita – cita saya akan tercapai? Hanya Allah yang menentukan. saya hanya berusaha. Kalau tercapai Alhamdulillah. kalau tidak berarti ada rencana lain dari Tuhan yang lebih baik untuk saya.

Apa cita – citamu? Sudah kah kamu memiliki cita – cita? Sudah kah kamu merancang hidup kamu untuk mencapai cita – cita itu?

-bcl-