Kemarin – kemarin tulisan saya serius mulu, relax dikit ah dengan humor. Bukan humor fresh buatan saya sih, tapi guyonan ala Alm. Gus Dur yang saya copas dari link ini : 

Humor Gus Dur: Tentara Indonesia paling pemberani

Di atas geladak kapal perang US Army tiga pemimpin negara sedang “berdiskusi” tentang prajurit siapa yang paling berani. Kebetulan juga, di sekitar kapal ada hiu-hiu yang sedang kelaparan lagi berenang mencari makan.

Bill Clinton: Kalau Anda tahu, prajurit kami adalah yang paling berani di seluruh dunia. Mayor (memanggil prajurit Amerika) sini deh, coba kamu berenang keliling ini kapal sepuluh kali.

Mayor: (walau tahu ada hiu) Siap pak, demi “The Star Spangled Banner” saya siap (akhirnya dia terjun dan mengelilingi kapal 10 kali sambil dikejar hiu).

Mayor: (naik kapal dan menghadap) Selesai pak!!! Long Live America!!

Clinton: Hebat kamu, kembali ke pasukan!

Koizumi: (tak mau ketinggal, dia panggil sang sersan) Sersan! Menghadap sebentar (sang Sersan datang). Coba kamu keliling kapal ini sebanyak 50 kali!

Sersan: (melihat ada hiu … glek … tapi) for the queen I’am ready to serve!!! (pekik sang sersan, kemudian membuka-buka baju lalu terjun ke laut dan berenang keliling 50 kali dan dikejar hiu juga).

Sersan: (menghadap sang perdana menteri) GOD save the queen!!!

Koizumi: Hebat kamu. Kembali ke tempat. Anda lihat Pak Clinton, prajurit saya lebih berani dari prajurit Anda (tersenyum dengan bangga)

Gus Dur: Kopral ke sini kamu (setelah datang) saya perintahkan kamu untuk terjun ke laut lalu berenang mengelilingi kapal perang ini sebanyak 100 kali, ok?

Kopral: Hah..? Anda gila yah! Presiden nggak punya otak, nyuruh berenang bersama hiu, kurang ajar!!! (sang kopral pun pergi meninggalkan sang presiden)

Gus Dur: (Dengan sangat bangga) Anda lihat Pak Clinton dan Pak … Koizumi … kira-kira siapa yang punya prajurit yang paling BERANI!!! Hidup Indonesia … !!!

Itulah Gus Dur . Presiden RI dengan masa pemerintahan yang pendek, tapi sudah memberi kontribusi bagi negeri ini, terutama guyonan-guyonan khasnya yang tak lekang zaman.