Archive for May, 2016

Pengaruh Football Manager…


Salah satu game paling populer yang ada saat ini adalah Football Manager. Sebuah game yang memberi kesempatan kepada siapapun untuk menjadi manager sebuah tim sepakbola.

Saking hebatnya pengaruh game ini, dalam beberapa kesempatan game ini benar – benar merubah hidup seseorang. Seberaa besar pengaruhnya? Satu contoh dari Chris Darwen…

Chris Darwen tinggal di Inggris. Sering mengeluh saat hidup di London, sang pacar akhirnya ngajak pindah ke Spanyol. Jawaban Chris “Oke. Kamu yang pilih kotanya”. Dua kota terpilih. Dan bagaimana Chris menentukan pilihannya  dari dua opsi tersebut?

“Saya akan mainkan dua tim tersebut di Football Manager. Tim manapun yang saya bawa promosi ke divisi di atasnya, maka kita tinggal disana”

It happens. sebuah tim, yang saya juga baru tau namanya dari cerita ini, CD Torrevieja dibawa sama si Chris ini promosi ke dari Tercera division (liga level 4 di Spanyol) ke La Liga (Liga utama di Spanyol) dalam waktu 5 tahun. Di game Football Manager tentu saja. Janji sudah terucap dan harus ditepati, pindahlah mereka ke Torrevieja. Tanpa sanak saudara. Dan bukan setelah Lebaran.

Sampe sana, Mereka nonton pertandingan si CD Torrevieja ini sambil beli match programme nya. ya semacam buku kecil yang berisi informasi tentang pertandingan saat itu. Bukan cuma tentang pertandingan aja, tetapi ternyata disitu juga ada alamat email vice-president CD Torrevieja yang kebetulan Orang Inggris juga namanya Jeff.

Akhirnya dia email Jeff dan bilang kalau dia mau terlibat di dalam club. Apapun, mau jadi pelatih, jualan match programme, atau bahkan jadi cleaning service juga dia mau asal terlibat di dalam tim. Dan tidak lupa, dia juga cerita kisah suksesnya membawa CD Torrevieja masuk La Liga….di game football manager.

Jeff terkesan. Dia minta Chris untuk mempromosikan CD Torrevieja biar jadi banyak yang nonton. Dia juga diminta untuk cari sponsor atau cari dana bagaimanapun caranya. Sampai saat ini, Chris masih menjadi commercial director dari tim CD Torrevieja ini. Jauh lebih baik daripada dia masih di London yang mungkin hanya akan mengisi waktunya dengan keluhan.

Btw, saya dapat info hebat ini dari sebuah video yang ada di National Football Museum. Buat yang mau liat videonya bisa datang kesana. Inget waktu yang disarankan sesuai tulisan saya sebelumnya, rabu jam 1-4 siang :p

Atau, bisa juga liat videonya di link ini:

Chris Darwen – CD Torrevieja

 

Sepakbola di Manchester


Tinggal di kota Manchester tentu tidak bisa dilepaskan dari dunia sepakbola. Walau belum se-fanatik (dalam arti positif dan negatif) bobotoh kepada Persib nya, namun pengaruh dari Manchester United dan Manchester city memang sangat terasa di kota ini. United dengan Old traffordnya dan Etihad stadium milik city menjadi 2 landmark yang paling terkenal di kota ini. Merah dan biru langit pun menjadi warna dominan yang dipakai oleh warga Manchester di hari dimana keduanya akan bertanding.

Tulisan ini adalah tulisan tentang sepakbola, tapi fokusnya bukan kepada dua tim tersebut. Kenapa dua tim tersebut saya sebut di pembukaan lebih karena kurangnya ide penulisan saya, bukan karena betapa pentingnya dua tim tersebut. Ada satu landmark lain yang perlu diangkat dari kota Manchester. Tempat itu bernama National Football Museum. Dari namanya mungkin sudah tergambar tempat macam apa NFM ini. Sebuah museum dimana sejarah sepakbola Inggris tersimpan. Belum lama memang monumen ini berdiri di Manchester, 2012 tepatnya. Sebelumnya, sejak 2001 museum ini berlokasi di kota Preston, sekitar 1 jam perjalanan bis dari Manchester, itu juga kalo ga macet. Kalo macet  ya mungkin anda lagi ada di Jakarta bukan di Manchester.

coach-trips-to-the-national-football-museum-in-manchester

sumber: http://bit.ly/1Olj1no

national-football-museum

sumber: http://bit.ly/1QX3KZS

Di-design dengan gedung yang berbentuk unik dan terlihat modern, tentu saja museum ini menjadi salah satu daya tarik kota Manchester. Suka atau tidak dengan sepakbola, siapapun pasti bisa menikmati museum ini.

Tanpa dipungut biaya masuk alias Gratis sama seperti kebanyakan museum di kota ini, tentu menjadi alasan lain untuk mengunjungi museum ini. Masuk melalui pintu utama, akan langsung disambut dengan para staff yang biasanya akan bertanya “Is this your first time to go to the museum?”. Jika jawabannya “iya kang” mungkin dia akan bingung. Tapi kalau kamu jawab “yes” maka mereka akan menjelaskan bahwa museum ini gratis tapi terbuka untuk donasi demi keberlangsungan museum ini. Jangan berburuk sangka dulu. Ini jujur dan tulus. Jangan berpikir di dalam akan dipaksa2 untuk donasi. Masuk gratis. Ga donasi pun gapapa. Tapi kalau sangat terkesan dan mau menyumbang ya silahkan juga.

Museum ini terdiri dari 4 lantai yang bisa dikunjungi: Ground floor, level 1, level 2, dan level 3. Memang masih ada beberapa level di atasnya tapi itu mah bukan untuk umum. Apalagi yang level 15, itu mah boncabe.

Di ground floor adalah area hall of fame. Tempat dimana informasi – informasi tentang legenda – legenda sepakbola Inggris. Bukan hanya informasi dinding yang bersifat tulisan, namun ada juga video yang diputar berulang – ulang tentang legenda tersebut seperti George best, Paul Gascoigne, dan lain – lain. Di lantai ini juga ada mobilnya Piala FA dan trophy juara premier league yang ditampilkan, Siapapun bisa foto sama piala – piala ini. SIAPAPUN? Iya siapapun yang bayar bisa foto sambil ngangkat piala ini. Sumpah.

488097_10151332592334092_1230459954_n

sumber: http://bit.ly/1OdL2CB

Naik satu lantai ke level 1, disinilah tempat sejarah – sejarah sepakbola Inggris bisa dipelajari. Disusun dengan sedemikian menarik. Dibagi ke dalam beberapa tema tertentu. Mulai dari tema sederhana seperti “barang – barang yang biasa dibawa ke stadion” atau “hal – hal yang biasa dikoleksi oleh fans tentang sepakbola” sampai tema seperti “kisah –kisah klub Inggris di kompetisi eropa” dan jajaran trophy – trophy yang ada di sepakbola  Inggris. Ada juga informasi tentang tragedy – tragedy yang ada di dunia sepakbola seperti “Bradford Fire” dan “Hillsbrough tragedy”. Banyak banget informasi yang bisa didapat di lantai ini yang gabisa saya sebutkan semuanya disini. Ditampilkan dengan berbagai cara yang sangat menarik yang bikin ga bosen.

942298_10151500688789092_410774972_n

Mourinho dalam kartun. Salah satu koleksi National Football Museum di level 1

sumber: http://bit.ly/23DYEZF

Di level 2 adalah tempatnya permainan interaktif yang disebut dengan Football plus+. Kalem dulu. Jangan mikir aneh2 dulu sama kata plus+ nya. Ada beberapa permainan yang masuk ke football plus+ ini: Penalty kick dimana mmm ya kita nendang penalty.  Bolanya bola beneran, gawangnya ada, kipernya ada. Permainan ini adalah permainan yang paling populer disbanding football plus+ yang lain walaupun secara kredit memang yang paling besar. Loh kredit? Bayar dong? Iya iyaaa. Football plus+ ini bisa dimainkan tapi sebelumnya beli kredit dulu. Tentang kredit ini belakangan deh dijelasinnya.

Permainan football plus+ yang lain itu ada:

shot stopper untuk latihan kecepatan tangan supaya jadi kiper yang tangguh,

pass master untuk latihan ketepatan dalam memberi umpan,

On the ball untuk latihan memainkan bola dengan mencontoh skill pemain yang ada di video

One-two untuk latihan tiki-taka ala Barcelona. Katanya sih pemain Barcelona itu bisa ahli tiki-taka itu karena sering latihan one-two ini.  Disana tapi di La Masia,Barcelona bukan di NFM juga.

Sebenarnya ada 2 permainan interaktif yang termasuk football plus+ juga di level 1, yaitu match of the day commentary challenge untuk  bisa jadi komentator sesaat dan lift the trophy.

63fk_h

sumber: http://bit.ly/1XiDaBW

Naik lagi satu lantai ke level 3. Disini adalah surganya para gamers yang hobi sepakbola. Semua game sepakbola dari yang jadul banget jaman Atari sampai paling baru Football Manager 2016 dan PES2016 ada disini. Paling penting, semuanya bisa dimainkan GRATIS. Ga ada bayar – bayar. Ga ada kredit – kredit. Tapi ya kalo lagi ada yang make ya ngantri hehehe. Ga banyak cerita lah tentang lantai ini. Pokoknya klo mau nostalgia sama game – game lawas, atau kangen sama rental PS di Indonesia datang dan mainlah ke level ini.

12311298_10153392984434092_2650285284384441025_n

Kangen sama game ini?

sumber: http://bit.ly/1VRsbzZ

Oke oke kita bahas tentang kredit sekarang. Jadi untuk football plus itu memang ada kreditna. Harga kredit itu 5 pounds untuk 2 kredit, 10 pounds untuk 8 kredit, atau 25 pounds untuk unlimited day pass. Mahal atau murahnya relative lah ya. Tapi semua yang nyoba permainannya sih pada puas dan bilangnya “worth it”. Gatau deh ya boong apa engganya, biarlah itu urusan mereka dan Tuhannya masing – masing. Untuk game nya sendiri, penalty itu membutuhkan 2 kredit sedangkan game yang lainnya masing – masing 1 kredit.

Yang menarik adalah, NFM ini menawarkan 1 paket menarik dimana dengan 5 pounds bisa mendapatkan 2 kredit + foto dengan piala FA dan trophy premier league (harga normal 5 pounds) + buku panduan NFM (Harga normal 3 pounds).

Dan yang lebih menarik lagi. Saran untuk waktu terbaik datang ke museum adalah Hari Rabu antara jam 13.00 – 16.00. Kenapa? Karena itu adala jam saya volunteer disana 😀

See you at the museum!!!

%d bloggers like this: