Salah satu game paling populer yang ada saat ini adalah Football Manager. Sebuah game yang memberi kesempatan kepada siapapun untuk menjadi manager sebuah tim sepakbola.

Saking hebatnya pengaruh game ini, dalam beberapa kesempatan game ini benar – benar merubah hidup seseorang. Seberaa besar pengaruhnya? Satu contoh dari Chris Darwen…

Chris Darwen tinggal di Inggris. Sering mengeluh saat hidup di London, sang pacar akhirnya ngajak pindah ke Spanyol. Jawaban Chris “Oke. Kamu yang pilih kotanya”. Dua kota terpilih. Dan bagaimana Chris menentukan pilihannya  dari dua opsi tersebut?

“Saya akan mainkan dua tim tersebut di Football Manager. Tim manapun yang saya bawa promosi ke divisi di atasnya, maka kita tinggal disana”

It happens. sebuah tim, yang saya juga baru tau namanya dari cerita ini, CD Torrevieja dibawa sama si Chris ini promosi ke dari Tercera division (liga level 4 di Spanyol) ke La Liga (Liga utama di Spanyol) dalam waktu 5 tahun. Di game Football Manager tentu saja. Janji sudah terucap dan harus ditepati, pindahlah mereka ke Torrevieja. Tanpa sanak saudara. Dan bukan setelah Lebaran.

Sampe sana, Mereka nonton pertandingan si CD Torrevieja ini sambil beli match programme nya. ya semacam buku kecil yang berisi informasi tentang pertandingan saat itu. Bukan cuma tentang pertandingan aja, tetapi ternyata disitu juga ada alamat email vice-president CD Torrevieja yang kebetulan Orang Inggris juga namanya Jeff.

Akhirnya dia email Jeff dan bilang kalau dia mau terlibat di dalam club. Apapun, mau jadi pelatih, jualan match programme, atau bahkan jadi cleaning service juga dia mau asal terlibat di dalam tim. Dan tidak lupa, dia juga cerita kisah suksesnya membawa CD Torrevieja masuk La Liga….di game football manager.

Jeff terkesan. Dia minta Chris untuk mempromosikan CD Torrevieja biar jadi banyak yang nonton. Dia juga diminta untuk cari sponsor atau cari dana bagaimanapun caranya. Sampai saat ini, Chris masih menjadi commercial director dari tim CD Torrevieja ini. Jauh lebih baik daripada dia masih di London yang mungkin hanya akan mengisi waktunya dengan keluhan.

Btw, saya dapat info hebat ini dari sebuah video yang ada di National Football Museum. Buat yang mau liat videonya bisa datang kesana. Inget waktu yang disarankan sesuai tulisan saya sebelumnya, rabu jam 1-4 siang :p

Atau, bisa juga liat videonya di link ini:

Chris Darwen – CD Torrevieja